Upaya Pemerintah dalam Percepatan Penyelesaian RTRW Kabupaten/Kota

Denpasar-BSB. Berdasarkan Inpres No. 1 Tahun 2010 tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010, Kabupaten/Kota harus menyelesaikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) pada tahun 2010. Namun hal ini terkendala dengan belum adanya pemahaman yang mendalam mengenai paradigma penataan ruang terutama dalam aspek pelaksanaan perencanaan tata ruang dan perkembangan substansi RTRW yang masih banyak terkendala karena masih belum selarasnya berbagai sektor terkait. Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut dengan diadakannya kegiatan Pengembangan Kapasitas Perencanaan Tata Ruang dalam Rangka Percepatan Penyelesaian Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang khusus ditujukan untuk Kabupaten/Kota.

Sektor terkait, seperti Kementerian Kehutanan, Bakosurtanal dan sektor ESDM, memberikan pengarahan untuk meningkatkan pemahaman peserta dalam menyelaraskan peraturan perundangan yang terkait.   Diskusi berjalan melalui diskusi panel maupun klinik. Direktur Bina Program dan Kemitraan Direktorat Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum, Ibu Sri Apriatini Sukardi, MM, berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini, kapasitas para penyelenggara penataan ruang dapat ditingkatkan dari segi wawasan, baik terkait dengan peraturan perundangan maupun aplikasi penyelenggaraan penataan ruang.

One Response

  1. perkembanga RTRW di bali, begitu memprihatinkan. lihat saja, opsi Gubernur yang ingin mempertahankan aturan, malah tidak didukung oleh pejabat di kabupaten,,
    bagaimana Bali mau langgeng kalau pandangan dari beberapa pejabat tidak menemukan titik pasti yang jelas,,,,
    semoga saja ini bisa teratasi. astungkara…

Leave a Reply